Rabu, 27 Januari 2016

Waton Omong



Kang Mamat : Maaf Kang, Sampeyan itu sebaiknya ngaji dulu sampe katam, baru ndakwahi orang. Kalo tidak nanti sampeyan bisa sesat dan menyesatkan.
Dul Kamdi : Kok bisa begitu Kang? Apa saya harus nunggu katam semua ilmu alat buat dakwah?

Kang Mamat : Ya jelas Kang. Ilmu itu sebelum amal dan ucapan. Jadi sampeyan kudu berilmu dulu, baru ngamal dan ngomel.
Dul Kamdi : Maksudnya berilmu itu gimana to kang?

Kang Mamat : Ya sampeyan kudu rajin ngaji. Mendatangi ustadz-ustadz untuk duduk ngaji bareng mereka.
Dul Kamdi : Saya mau tanya Kang…
“sampeyan itu kan guru baca Al Qur'an. Ngaji Al Qur'an itu kan ngamal kang. Dan miturut sampeyan, ngamal itu kan harus dengan ngelmu, benarkan?”

Kang Mamat : Benar itu. Ngaji baca Al Qur'an itu kudu berilmu.
Dul Kamdi : Sampeyan kan tahu si Tikno Sentot itu baca Al Qur'annya grothal-grathul. Sampeyan kan juga tahu, ngelmu baca dan tajwidnya kurang. Kenapa sampeyan biarkan dia baca Al Qur'an terus, padahal ngelmunya gak punya? Katanya ngelmu dulu baru ngamal kang...?

Kang Mamat : (sambil agak puyeng) Lho itu dia memang kudu sering baca AlQur'an, biar nantinya mahir dan berilmu. Justru walaupun grothal-grathul, dia pahalanya berlipat ganda karena bersungguh-sungguh belajar. Makin banyak jam terbang, makin tambah berilmu dan mahir.
Dul Kamdi : Saat dia baca grothal-grathul itu dia sudah beramal belum Kang?
Dan maksudnya jam terbang itu apa?
Bukankah menambah jam terbang itu itu merupakan amal?
Padahal dia kan belum berilmu.
“Katanya ilmu dulu baru amal”.
Kang Mamat :  iya itu betul. Jadi dengan seringnya dia baca, maka akan membuat dia pandai dan mahir membaca Al Qur'an.

Dul Kamdi : Nah, kalo begitu yang bener "Ilmu dulu baru amal",
atau "rajin ngamal dulu baru ntar dapat ngelmu"...??

Kang Mamat gembrobyos setengah modyar. Ha kok bisa kewolak-walik ini gimana tho...
Yah, begitulah. Banyak yang memahami perkataan "Ilmu itu sebelum amal dan ucapan" dengan pemahaman menuntut ilmunya itu dengan ngaji lungguh sedeku, mirengake pak guru menowo didangu. Menuntut ilmu itu dengan ngaji dimana si murid menghabiskan waktu duduk diam mendengarkan sang ustadz.

Padahal banyak ilmu yang cara menuntutnya itu dengan cara beramal. Baca AlQur'an contohnya, makin sering baca, maka makin pinter. Sebagaimana pilot, sopir truck, dokter, dan hampir semua profesi, makin banyak amal dan praktek, atau sebagaimana kata Kang Mamat "Makin tambah jam terbang" makamakin mahirlah dia.

Lha kalo belajar Al Qur'an cuma menthelengi buku ilmu tajwid diapalne sampe katam, tapi gak pernah nyoba baca, ya gak pinter-pinter sampeyan.
Agama ini diajarkan oleh Sang penutup Para Nabi dengan cara langsung amal dandibimbing. Jadi kalo sampeyan “ngerti” lalu melihat banyak orang awam melakukan amal, jangan digembosi. Tapi datangi, diewangi, sampaikan ilmu sampeyan kepada mereka agar saat mereka ngamal tidak salah dengan cara menemani, bukan ngrecoki. Bukan dengan cara "menyalahkan" tapi justru dengan cara"membenarkan".



Tidak ada komentar: